global warming

 

EFEK RUMAH KACA PENYEBAB UTAMA TERJADINYA GLOBAL WARMING

 

Pemanasan global atau global warming adalah meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi akibat peningkatan jumlah emisi rumah kaca diatmosfer. Adanya pemanasan global diikuti dengan perubahan iklim / pergeseran musim atau mengacaukan sistem tanam, Perubahan cuaca/suhu/tekanan permukaan bumi seperti meningkatnya curah hujan dibeberapa belahan bumi sehingga menimbulkan  banjir an erosi,sedangkan dibelahan bumi lain akan mengalami musim kering yang berkepanjangan disebabkan kenaikan suhu, kualitas dan produksi yang tidak konsisten.

Awalnya pemanasan global merupakan isu internasional, yang kemudian isu tersebut direspon oleh negara-negara dunia baik itu negara maju mapun negara berkembang. Tuduhan isu tersebut mengarah kepada negara maju(Amerika serikat, Kanada, Jerman, inggris dan jepang) yang menjadi penyebab utama adanya pemanasan global/global warming,serta dalam hal ini bahwa pihak negara berkembang merupakan negara yang merasa paling dirugikan. Banyaknya industri-industri yang berada di negara maju baik itu industri kecil maupun besar, karena pengaruh gas karbondioksida, Metana, Dinitro Oksida, Hidrofluorokarbon) sehingga menyebabkan terjadinya efek rumah kaca, Hal tersebutlah yang menjadi penyebab utama Global warming.Kemudian penggunaan bahan bakar fosil(minyak bumi,barubara),serta adanya asap-asap dari knalpot yang mengandung zat berbahaya, Pengunaan ac,pemakaian hairspray, adanya kegiatan lain yang berhubungan dengan hutan, peternakan, hutan,pertanian. Sehingga dalam aktivitas manusia dikegiatan-kegiatan tersebut secara langsung menyebabkan perubahan komposisi alami atmosfer,yaitu peningkatan jumlah gas kaca secara global.

Proses terjadinya efek rumah kaca yakni, Radiasi matahari masuk kebumi dengan menembus gelas kaca tersebut berupa radiasi gelombang pendek. Sebagian diserap oleh bumi dan sisanya dipantulkan kembali keangkasa sebagai radiasi gelombang panjang. Tetapi panas yang seharusnya dapat dipantulkan kembali keangkasa menyentuh permukaan gelas kaca dan terperangkap didalam bumi. Kemudian masalah timbul ketika aktivitas manusia menyebabkan terjadinya peningkatan konsentrasi selimut gas atmosfer(gas rumah kaca )sehingga melebihi konsetrasi yang seharusnya,sehingga panas matahari yang tidak dapat dipantulkan keangkasa akan meningkat pula.Industrialisasi menyebabkan terjadinya peningkatan drastis terhadap efek rumah kaca. Gas yang memiliki pengaruh besar bagi emisi gas rumah kaca adalah karbondioksida,Metana, dan dinitro oksida. Hal tersebut disebabkan penggunaan bahan bakar fosil(minyak bumi dan batu bara) secara berlebihan yang sering dipakai pada industri-industri besar serta kendaraan-kendaraan baik darat,laut mapun udara dan penggunaan bahan bakar minyak bumi untuk rumah tangga. Perubahan efek rumah kaca mengalami perubahan yang sangat signifikan dari masa lalu sampai pada masa industrialisasi ini. Hal ini dilihat adanya perubahan temperatur suhu dibumi.

Dampak-dampak dari pemanasan global akibat dari efek rumah kaca, yaitu musnahnya berbagai hayati, meningkatnya frekuensi dan intensitas hujan badai, angin topan, banjir, mencairnya es dan gletser, nmeningkatnya tanah kering yang potensial menjadi gurun karena kekeringan perkepanjangan, kenaikan air laut hingga menyebabkan banjir yang luas pada tahun 2100 diperkirakan air laut naik hingga 15-95 cm, Kenaikan suhu air laut menyebabkan terjadinya pemulihan karang(coral bleaching dan kerusakan terumbu karang seluruh dunia, meningkatnya -frekuensi kebakaran hutan, menyebarnya penyakit-penyakit tropis seperti malaria, kedaerah-daerah baru karean bertambahnya populasi serangga, Padat dan sesak daerah yang menjadi tempat pengungsian. Oleh karena itu supaya kita terhindar hal demikian secara berkelanjutan lebih dari sekarang generasi –generasi muda untuk mulai mengurangi dampak dari efek rumah kaca dengan cara, mengurangi penggunaan zat-zat yang berbahaya yang dapat mempengaruhi efek rumah kaca, Membakar hutan sembarangan, mengurangi pengunaan bahan bakar fosil(minyaka bumi dan batu bara), Menanam hutan kembali/penghijauan supaya hutan menjadi rimbun sehingga dapat menyerap radiasi matahari kebumi dan membuat bumi menjadi sejuk kembali dengan adanya pohon-pohon hijau yang rindang, Pengaturan/management industri harus dikelola dengan baik seperti pencegahan,pengurangan, dan penghilangan limbah dan sumbernya, pencegahan polusi harus dilaksanakan sedini mungkin, pada setiap tahap kegiatan, yaitu pada pembuatan peraturan, kebijakan,implementasi proyek, proses produksi dan disain produk, yang paling penting yakni mengubah pola konsumsi dan gaya hidup manusia dalam mencegah efek rumah kaca supaya terhindar dari pemanasan global/global warming.

 

Sumbernya:

Hadori, Udia Haris. 2010. Pengantar Meteorologi. Universitas Negeri yogyakarta.

 

11 Comments to “global warming”

  1. isu yg gak ad habis2nya..
    sebuah realita yang miris untuk rumah kita..
    ayo jgn diam..
    mula2 hijaukan hati mu.. agar rumah kita kembali sejuk😀

  2. berkaitan dengan tindak lanjut mengenai global warming menurut kamu seberapa efektifkah penanaman sejuta pohon untuk mengatasi global warming jika industri masih saja penyumbangkan polusi yang begitu dahsyat???

    • seefektif&seefesien mungkin nduk,,,
      setidaknya itu dah bentuk ikhtiar(usaha) dunia buat menghindari global warming drpd kita pasrah aj tanpa ada usaha…
      kalau mw liht apkh efektif tdknya kita lihat di masa yg akn datng ktika pohon dah tumbuh besar,,,

  3. seharusnya pihak pabrik yang juga memicu adanya global warming melakukan gebrakan baru, misalnya kemasan prouk merupakan hasil dari daur ulang. hal ini sudah dilakukan oleh salah satu industri yang ada di Jogja. Mereka menggunakan kertas hasil daur ulang yang ramah lingkungan. bila semua industri yang menggunakan kertas melakukan hal yang sama seperti industri tersebut maka bisa dibayangkan berapa kertas yang bisa kita hemat tiap tahunnya.

  4. Konsumsi daging dan peternakan adalah penyebab utama dari pemanasan global. Dengan menghentikan konsumsi daging, kita menyembuhkan bumi ini dari dalam. Hal-hal lain seperti membuang sampah pada tempatnya, menggunakan tenaga surya dan angin, dan banyak lagi, itu semua hanyalah pengobatan dari luar. bisa ga ya klo kita jadi vegetarian mulai sekarang??

  5. Pia,,iy betul sekali jd pihak industri yg memiliki hasil penemuannya ,mereka bisa mensosialisakan ke industri-industri besar lainyaa,,agar ditiru oleh mereka….

  6. bisa aj toh menjadi vegetarian pun membuat tubuh kita pun menjadi sehat tp hal itu semua harus diimbangi dengan protein yang seimbang yakni dengan menkonsumsi daging serta ikan..sebenarnya hal yg paling sangta menpengaruhi dalam globalisasi yakni zat-zat adiktif yg berbahaya seperti co2 ,serta asap2 dr pabrik2 itu yg mesti dikurangi ….

  7. Mari kita lakukan gerakan penghijauan kembali untuk mengurangi pemanasan global.

  8. untuk melawan global warming, mari kita bersama2 jika bepergian kurang dari 15 km, pake sepeda saja… dan mari kita tidak pakai AC di Kos… wkwkwk…. semoga saran ini bermanfaat…. global warming memang sudah terlanjur terjadi de… kita tidak bisa menghilangkan dampaknya, hanya bisa memperlambat – selambat2nya dengan tidak memakai produk penyebab pemanasan global.. Nice Post de… Keep Posting…
    komentari juga punyaku :
    http://itsumonojinan.wordpress.com/2011/01/02/wikileaks%E2%80%A6-riwayatmu%E2%80%A6-kini%E2%80%A6/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: